SEBAB (terjemahan puitik dari lagu 'Cause' karya Sixto Rodriguez)

Sebab …
Aku dipecat 2 minggu sebelum Natal
Digorong-gorong Yesus mendengar curhatku
Tapi Paus bersabda it was none of his God-damn business
Sementara hujan menenggak sampanye
Malaekat Jibril dari Estonia mengajak mabuk
Dan ciuman terindah adalah yang tak pernah kurasakan
Oh wahai …
Para buruh sial mengakhiri bonus mereka di belaian Si Manis Molly McDonald
Oh wahai perempuan-perempuan lampu neon …
Betapa kecantikan adalah kepatuhan
Entah beli entah pinjam

Sebab …
Hatiku telah jadi hotel kecoak penuh gossip
Tapi selalu aku yang bayar sewa untuk perempuan wajah fals ini
Dan memenuhi kemesraan instan 16 kali tiap petang
Atau Queen waru berhati setengah batu mengancam akan meninggalkanmu
Oh wahai …
Di tivi kaum hipokrit sok menghargai serdadu Willie Thompson
Sebuah medali untuk mengganti anak Annie Johnson yang mati

Sebab …
Mereka berkotbah tentang kewajiban tiap orang
Kujelaskan bahkan aku telah membayar kewajiban berlebihan
Dengan lelah aku pergi ke kantor perusahaan
Sekretaris itu menjerit katanya mereka habis dirampok
Aku undur menghilang dalam derai air mata
Oh wahai …
Harum parfumnya masih bergema di telingaku

Sebab …
Aku lihat orang-orang ingin meneggelamkan matahari
di akhir pekan yang beroplos wiski

Sebab …
Berapa kali sudah kau bangun pagi dalam komik
sambil menanam bunga

DidotKlasta
Salatiga 17 December 2019

Comments

Popular posts from this blog

WIT … WITAN PLASTIK (naskah pertunjukan)

MIMPI BURUK ROCK (gaya) INDONESIA

SEBUNGKUS PUISI-PUISI HUJAN